Tips Bikin Balita Sibuk agar Tidak Mengganggu Ibu saat WFH

Tips Bikin Balita Sibuk agar Tidak Mengganggu Ibu saat WFH

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) telah membuat hidup para orang tua lebih menyenangkan. Mereka bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak sambil tetap mencari nafkah. Namun, menjadikan rumah sebagai tempat kerja dapat menimbulkan masalah, terutama jika anak yang masih di bawah lima tahun atau balita ada di rumah selama jam kerja. Walhasil, bekerja jadi lebih sulit dibandingkan saat di kantor.

Dokter anak Motherhood Hospitals Chennai, India, S. Giridhar, memberi beberapa tips agar anak memiliki kesibukan sehingga tidak mengganggu orang tua yang bekerja. Simak sarannya.

1. Dorong bermain mandiri

Permainan mandiri sangat penting untuk perkembangan anak dan harus didorong karena dapat memberikan waktu yang sangat dibutuhkan orang tua yang bekerja untuk menyelesaikan tugas. Siapkan tas berisi berbagai aktivitas untuk bermain sendiri. Seperti namanya, busy bag, tas itu akan membuat anak sibuk sehingga tak sempat mengganggu orang tua yang bekerja.

2. Bangun pagi

Ketika anak di rumah, cara terbaik untuk bekerja adalah menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan saat mereka masih tidur. Jadi bangun setidaknya dua jam sebelum mereka terjaga. Selesaikan tugas terpenting tanpa gangguan selama waktu ini. Selain bisa menyelesaikan pekerjaan, bangun pagi bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan.

3. Buat jadwal

Siapkan jadwal untuk menentukan berapa jam harus bekerja hari itu, apa yang bisa dilakukan ketika anak bermain di ruangan sebelah, dan sebagainya. Bekerja lebih cerdas dengan merencanakan jadwal.

4. Mengasuh bergilir dengan pasangan

Mengatur giliran mengasuh anak dengan pasangan juga bisa jadi solusi. Jadi, salah satu orang tua bisa mengambil anak beberapa jam saat pasangan harus bekerja, dan sebaliknya akan digilir.

5. Manfaatkan waktu tidur siang

Waktu tidur siang setiap hari sangat penting tidak hanya untuk kesehatan dan perkembangan anak tetapi juga untuk orang tua sendiri. Tidur siang yang lama jika memungkinkan, dua hingga tiga jam, cukup membuat orang tua bisa bekerja dengan tenang.

6. Berikan anak perhatian penuh

Bekerja dari rumah memiliki keuntungan bagi banyak orang tua, tetapi itu tidak selalu mudah. Anak akan selalu mencari perhatian. Jika tak diberi perhatian, maka dia akan mencobanya sampai berhasil. Jadi, lebih baik kesampingkan tugas kantor lalu beri anak perhatian yang dia butuhkan. Tetapkan batasan dan jadwalkan lebih sering rehat agar bisa bersama anak.

7. Pisahkan pengasuhan dengan pekerjaan

Bagilah pekerjaan sebagai ibu dan pengusaha, berikan perhatian penuh pada keduanya untuk jangka waktu tertentu. Ciptakan ruang kantor untuk membantu secara mental terpisah dari bagian rumah lainnya. Selanjutnya, tutup pintu agar tidak terganggu.

8. Minta bantuan tambahan

Untuk orang tua WFH di apartemen, di mana banyak orang tua lain juga bekerja dari rumah, sumber daya dapat dikumpulkan untuk mempekerjakan pengasuh atau babysitter dan melibatkan anak-anak dalam kegiatan kelompok, di batas aman apartemen. Dengan demikian, jadwal kerja tidak terganggu dan juga anak-anak tidak bosan.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Tips Bikin Balita Sibuk agar Tidak Mengganggu Ibu saat WFH"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *