Shenzhou-12 Sukses Merapat ke Stasiun Luar Angkasa Cina Tianhe

Shenzhou-12 Sukses Merapat ke Stasiun Luar Angkasa Cina Tianhe

Pesawat antariksa berawak Shenzhou-12 milik Cina sukses merapat ke modul inti stasiun luar angkasa Tianhe pada Kamis, 17 Juni 2021, menurut Badan Antariksa Berawak Cina (CMSA).

Pesawat antariksa itu, yang diluncurkan pada Kamis pagi waktu setempat, menyelesaikan pengaturan status orbital usai memasuki orbit serta melakukan pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking) yang cepat dan otomatis ke bagian depan docking port Tianhe pada pukul 15.54 Waktu Beijing (14.54 WIB), membentuk kompleks tiga modul dengan pesawat kargo Tianzhou-2. Seluruh proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 6,5 jam.

Ini merupakan rendezvous dan docking pertama yang dilakukan Tianhe dengan pesawat antariksa Shenzhou sejak dikirim ke orbit pada 29 April.

Menggunakan roket pengangkut Long March-2F, pesawat antariksa itu diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi, Cina barat laut, pada pukul 09.22 Waktu Beijing (08.22 WIB).

Selanjutnya, menurut rencana misi tersebut, tiga astronot yang bertugas di Shenzhou-12 yaitu Nie Haisheng, Liu Boming, dan Tang Hongbo akan memasuki modul Tianhe.

Cina meluncurkan Tianzhou-2 pada 29 Mei, dan pesawat kargo itu merapat ke Tianhe pada 30 Mei.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Shenzhou-12 Sukses Merapat ke Stasiun Luar Angkasa Cina Tianhe"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *