Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Ini Agar Cepat Tidur Lagi

Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Ini Agar Cepat Tidur Lagi

Terbangun dari tidur malam dan tak bisa lekas tidur lagi, sangat mengganggu. Akan lebih menjengkelkan lagi jika Anda memiliki banyak kegiatan esok harinya.

Terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali mengakibatkan kualitas tidur tidak cukup. Efeknya tubuh terasa lemas dan tekanan darah rendah. Bagaimana caranya agar dapat tidur kembali setelah terjaga di tengah malam?

Mengutip dari laman webmd.com, ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah tidak bisa tidur kembali setelah terbangun di tengah malam.

1. Bangun dari tempat tidur

Ini mungkin tidak terdengar seperti hal yang jelas untuk dilakukan, tetapi jika tidak dapat kembali tidur dalam waktu 20 menit atau lebih, pergilah ke ruangan lain. Lakukan sesuatu yang tenang dan tidak menarik, seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca sesuatu yang pernah dibaca sebelumnya. Ketika merasa mengantuk lagi, kembalilah ke tempat tidur.

2. Hindari melihat jam

Saat terbangun di tengah malam dan sulit tertidur lagi, usahakan jangan memeriksa jam untuk kedua kalinya. Memeriksa waktu berulang kali hanya menambah stres.

3. Pastikan lampu tidak terlalu terang

Cahaya membuat mata merasa waspada, yang tidak diinginkan saat perlu tidur. Lampu yang terang bisa membuat mata tetap terjaga.

4. Latihan pernapasan

Tenangkan pikiran dan tubuh, caranya bernapas dalam-dalam. Lakukan secara perlahan dan mantap dari perut. Cobalah untuk melakukan latihan relaksasi nafas 4-7-8.

Caranya, duduk dengan punggung lurus dan ujung lidah di belakang gigi depan atas. Tarik napas melalui hidung saat menghitung sampai 4 di kepala. Tahan napas saat menghitung sampai 7. Buang napas selama 8 hitungan. Ulangi siklus 3 kali lagi.

5. Bicaralah dengan dokter

Jika merasa tidak nyaman dengan pola tidur sering terbangun di malam hari, cobalah konsultasi ke dokter untuk mencari tahu solusi dengan menghubungi tenaga ahli. Mungkin termasuk dokter akan merekomendasikan obat-obatan, yang dapat membantu mendapatkan istirahat malam yang baik.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Sering Bangun Tengah Malam? Lakukan Ini Agar Cepat Tidur Lagi"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *