Sebab Muncul Jerawat di Kulit Kepala dan Garis Rambut

Sebab Muncul Jerawat di Kulit Kepala dan Garis Rambut

Jerawat bisa muncul di tempat-tempat tak terduga. Misalkan di punggung, bahu, garis rambut di kulit kepala, hingga organ intim.

Dokter kulit di New York City, Michele Green menyoroti jerawat yang muncul di garis rambut kulit kepala. Menurut dia, jerawat di area ini tak bisa disepelekan karena dapat mempengaruhi kondisi kulit di seluruh kulit kepala. “Jerawat ini muncul karena terjadi penumpukan sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menyumbat folikel rambut,” kata Michele Green seperti dikutip dari Insider.

Pakar dermatologi dari Spectrum Dermatology, Brooke Grant Jeffy mengatakan, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko munculnya jerawat di kulit kepala. Di antaranya produksi minyak meningkat, penumpukan residu produk perawatan rambut, kepekaan kulit kepala terhadap produk rambut, dan infeksi bakteri atau jamur.

Jerawat pada garis rambut di kulit kepala bermula seperti kemerahan, lalu timbul lesi, dan jadilah jerawat. Ada juga yang awalnya seperti benjolan yang lama-kelamaan menjadi jerawat. Grant Jeffy mengatakan jerawat di garis rambut kulit kepala dapat diobati dengan sampo khusus.

Kandungan dari sampo ini antara lain asam salisilat untuk membuka pori-pori kulit dan mengurangi pembengkakan. Ada pula pyrithione zinc sebagai bahan anti-ketombe yang umum digunakan. Ketoconazole yang membantu mengobati infeksi jamur kulit seperti dermatitis seboroik dan selenium sulfida untuk mengendalikan dermatitis seboroik dan ketombe.

“Cara memakainya, saat keramas jangan buru-buru membilas setelah mengaplikasikan sampo ke rambut dan kulit kepala,” kata Grant Jeffy. “Biarkan selama tiga sampai lima menit supaya zat dalam sampo bekerja. Barulah bilas sampai bersih.”

Durasi penggunaan sampo untuk mengatasi jerawat di kulit kepala ini sekitar enam sampai 12 minggu. Jika lebih dari periode itu belum ada perbaikan atau justru kian parah, maka segera konsultasi ke dokter. Yang juga penting adalah jangan memencet jerawat karena akan memicu luka terbuka dan mengakibatkan proses pemulihan kian lama.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Sebab Muncul Jerawat di Kulit Kepala dan Garis Rambut"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *