Perlu Pahami Makna Pandemi, Endemi dan Epidemi Jangan Sampai Salah Sebut

Perlu Pahami Makna Pandemi, Endemi dan Epidemi Jangan Sampai Salah Sebut

Selama ini kita hanya mengenal istilah pandemi. Perlu pula memahami tiga istilah lain yang mirip tapi sangat jauh artinya satu dan lainnya.

Penyakit endemi merupakan penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu. Contoh penyakit endemi di indonesia yaitu penyakit malaria di Papua dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit yang masuk ke dalam jenis endemi ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Beda endemi dengan epidemi, yaitu epidemi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai memengaruhi populasi penduduk di wilayah atau negara tersebut.

Contoh penyakit yang masuk ke dalam kelas epidemi yaitu Virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada 2019, flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) pada tahun 2003, dan penyakit Ebola di Negara Afrika.

Sedangkan pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi serempak dimana-mana dan meliputi daerah geografis yang luas. Contoh penyakit pandemi yaitu HIV/AIDS, Covid-19 dan Influenza yang dahulu juga pernah menjadi penyakit kategori pandemi dan menyebar seluruh dunia.

Selain ketiga jenis penyakit tersebut, ada satu jenis penyakit yang juga termasuk epidemiologi. Epidemiologi ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan, beserta faktor-faktor yang dapat memengaruhi kejadian tersebut.

Penyakit ke empat biasanya disebut dengan wabah. Penyakit ini ditandi dengan mulai menyebarnya penyakit dan menulari penduduk dengan jumlah lebih banyak daripada biasanya di dalam suatu area saat musim-musim tertentu dan memiliki kemungkinan untuk meluas ke daerah lainnya.

Lain dari pandemi, beda pula dengan wabah yang bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, ada beberapa kondisi yang menjadi karakterisitik dari suatu wabah. Biasanya wabah terjadi saat sudah lama tidak muncul. Wabah juga ditandai dengan penyakit yang muncul pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah tersebut dan biasanya penyakit baru tersebut sebelumnya tidak diketahui.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Perlu Pahami Makna Pandemi, Endemi dan Epidemi Jangan Sampai Salah Sebut"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *