Jenis-Jenis Parkir Mobil yang Perlu Diketahui Pengendara Pemula

Jenis-Jenis Parkir Mobil yang Perlu Diketahui Pengendara Pemula

Belajar mengendarai mobil tidak hanya terbatas pada kemampuan untuk berkendara secara lurus di jalan tol. Belajar mengendarai mobil juga berarti belajar cara berbelok, berputar balik, hingga bersimpangan dengan mobil lain. Selain itu, tantangan lain yang dihadapi para pengendara mobil pemula adalah parkir. Ada berbagai jenis parkir mobil yang dapat Anda pelajari sebagai referensi untuk belajar di kemudian hari.

1. Parkir paralel

Apakah anda sering melihat mobil berjejer menjadi satu garis lurus di bahu jalan? Hal tersebut merupakan penerapan parkir paralel. Biasanya parkir jenis ini dapat ditemui di daerah perkotaan yang minim lahan parkir, sehingga mobil harus berderet menjadi satu untuk dapat berhenti sekaligus memberi pengguna kendaraan lain akses jalan yang cukup.

Berikut merupakan langkah-langkah melakukan parkir paralel:

2. Parkir tegak lurus

Parkir jenis ini dapat ditemui di berbagai lokasi dengan lahan parkir yang relatif luas, contohnya mall. Parkir tegak lurus membentuk sudut 90 derajat, sehingga kendaraan satu bersebelahan dengan kendaraan lainnya.

Langkah-langkah melakukan parkir tegak lurus:

3. Parkir serong

Parkir sarong biasa ditemui di bahu jalan dengan lokasi parkir yang sudah resmi. Parkir ini tidak sesulit parkir paralel karena tempat parkir sudah didesain secara diagonal untuk memudahkan mobil masuk.

Langkah-langkah melakukan parkir serong:

4. Parkir serong terbalik

Jenis parkir ini hampir sama dengan parkir serong, namun dengan posisi depan mobil harus menghadap ke jalan, bukannya trotoar. Parkir serong terbalik cukup sulit dibandingkan dengan parkir serong biasa karena Anda harus mengaktifkan reverse mode.

Langkah-langkah melakukan parkir serong terbalik:

5. Double parking

Parkir jenis ini merupakan parkir ilegal di beberapa tempat. Parkir ini tidak direkomendasi karena dapat menghambat kendaraan di sebelah Anda untuk keluar dari titik parkir. Biasanya, parkir jenis ini tetap dilakukan jika sudah tidak ada lagi tempat parkir yang tersedia. Caranya persis parkir tegak lurus, namun mepet dengan kendaraan di sebelahnya.

Itu adalah jenis-jenis parkir yang umum dilakukan. Jika Anda masih belajar mengendarai mobil, jenis-jenis parkir ini akan sangat bermanfaat untuk dipelajari terutama jika Anda tinggal di kota besar dengan lahan parkir yang sempit. Beberapa jenis parkir memang tidak dapat dikuasai secara instan, tetapi lebih baik belajar ketimbang menabrak mobil orang lain, kan?

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Parkir Mobil yang Perlu Diketahui Pengendara Pemula"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *