Benarkah Konsumsi Kacang dapat Timbulkan Jerawat?

Benarkah Konsumsi Kacang dapat Timbulkan Jerawat?

Kacang tanah merupakan salah satu bahan makanan yang serbaguna. Biasanya, kacang tanah dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan makanan olahan, atau sebagai bahan tambahan dalam masakan. Kacang tanah juga berperan penting dalam proses diet menurunkan berat badan. Namun, beberapa orang menghindari memakan kacang karena dapat menimbulkan jerawat. Lantas, bagaimana kacang berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan menyebabkan jerawat?

Jerawat merupakan momok menakutkan bagi sebagian orang karena dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Melansir laman healthline.com, jerawat pada wajah adalah kondisi normal yang muncul karena terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit oleh bakteri. Terlebih, kulit dalam kondisi berminyak sehingga membuat bakteri di dalamnya semakin tumbuh subur. Namun, faktor-gaktor lain juga dapat memengaruhi lahirnya jerawat, seperti peradangan, hormon, dan sebagainya.

Salah satu makanan yang banyak dihindari oleh sebagian orang ketika berjerawat adalah hidangan yang berhubungan dengan kacang tanah, salah satunya adalah selai kacang. Melansir laman medicalnewstoday.com, meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan korelasi langsung antara kacang dan jerawat, tetapi kandungan gula dan senyawa tambahan pada selai kacang, seperti asam lemak omega-6 dapat menyebabkan jerawat memburuk.

Dilansir dari laman livestrong.com, kandungan makanan dengan minyak dan lemak tinggi memengaruhi kondisi jerawat seseorang. Misalnya, selai kacang dengan kandungan karbohidrat dan gula dapat memperburuk masalah jerawat. Kadar gula memengaruhi peningkatan androgen dalam tubuh sehingga memicu produksi sebum. Saat kelenjar kulit mengeluarkan banyak minyak, maka jerawat akan makin mudah tubuh.

Ahli kecantikan sekaligus pendiri klinik Skin Salvation di San Fransisco, Kimberly Yap Tan, turut mengungkapkan bahwa kandungan androgen dalam selai kacang menyebabkan peningkatan produksi sebum. ”Mengonsumsi selai kacang dapat memperburuk kondisi jerawat karena kandungan andorgennya,” kata Yap Tan dari laman yahoo.com pada 21 Agustus 2014. Yap Tan menyarankan apabila ingin mengonsumsi kacang yang aman bagi jerawat adalah jenis kacang-kacangan lain, seperti almond dan kacang mete.

Meskipun kandungan androgen pada jerawat dapat menyebabkan jerawat, tetapi kacang bukan menjadi faktor utama. Terdapat kondisi-kondisi lain yang mendukung timbulnya jerawat, misalnya, konsumsi terlalu banyak asam lemak, seperti omega-6 juga dapat memperparah jerawat.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "Benarkah Konsumsi Kacang dapat Timbulkan Jerawat?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *