5 Sayuran yang Dapat Dimakan Mentah untuk Melawan Kanker

5 Sayuran yang Dapat Dimakan Mentah untuk Melawan Kanker

Sayuran menjadi bahan makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat berbagai jenis masakan untuk sayuran, seperti sayur bayam, salad, dan lainnya. Namun, terdapat sayuran yang lebih baik untuk dikonsumsi secara mentah. Apa saja sayuran yang bisa dimakan mentah?

Sayuran yang dimasak terlebih dahulu melalui proses kukus atau rebus dapat melepaskan khasiat antioksidan yang tersimpan dalam sayuran. Namun, tidak bagi sayuran jenis cruciferous. Sebab sayuran ini mengandung glukosinat yang dapat melawan kanker. Akan tetapi, jika sayuran ini terkena panas, kandungan glukosinat akan akan berkurang. Karena itu, lebih baik dikonsumsi secara mentah.

Dilansir dari laman ecowatch.com, terdapat beberapa sayuran yang baik dikonsumsi ketika dimakan mentah untuk melawan kanker. Berikut lima sayuran tersebut:

1. Bok Choy/Pakcoy/Sawi Sendok

Sayur yang termasuk dalam sawi-sawian ini memiliki daun berwarna hijau dan berbentuk bulat layaknya sendok. Melansir laman hsph.harvard.edu, selain melawan kanker, bok choy dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Brokoli

Brokoli memiliki berbagai kandungan gizi baik bagi tubuh. Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini karena brokoli merupakan sumber makanan yang dapat memperbaiki sel DNA. Lebih lanjut, brokoli dapat mengurangi risiko kanker ginjal dan paru-paru.

3. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang mengandung vitamin C dan K. Melansir laman health.harvard.edu, kubis juga merupakan sumber serat, mineral seperti potassium, dan vitamin A. Bagi yang sedang melaksanakan diet menurunkan berat badan, sayuran ini baik dikonsumsi karena memiliki kadar kalori yang rendah namun dengan kandungan gizi yang tinggi.

4. Bunga Kol/Kembang Kol

Sayuran bunga kol sering dijumpai pada sajian sop ditemani dengan wortel dan tomat. Namun ternyata bunga kol baik dikonsumsi secara mentah. Selain dapat mengurangi risiko kanker, bunga kol juga kaya akan vitamin seperti vitamin C dan B serta mineral seperti potassium.

5. Kale

Daun Kale memiliki berbagai kandungan gizi baik untuk tubuh, seperti vitamin K, C, A, B6, serta serat. Jenis sayuran ini masuk termasuk dalam keluarga kubis seperti brokoli dan sawi.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "5 Sayuran yang Dapat Dimakan Mentah untuk Melawan Kanker"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *