5 Rekomendasi Kuliner Khas Purworejo, Kupat Tahui sampai Geblek

5 Rekomendasi Kuliner Khas Purworejo, Kupat Tahui sampai Geblek

Purworejo kota yang dikenal sebagai ‘Kota Pejuang’ tidak hanya memiliki banyak sejarah, namun kulinernya. Tidak hanya murah, makanan khas Purworejo memiliki cita rasa unik khas Jawa Tengah yang otentik serta membuat para wisatawan tertarik untuk mencobanya.

Kuliner khas Purworejo juga umumnya diturunkan secara turun temurun, sehingga makanan ini sulit untuk ditemukan di daerah lain. Simak kuliner khas Purworejo yang wajib Anda coba!

1. LantingCamilan yang satu ini lumayan eksis. Lanting adalah makanan khas Purworejo yang terbuat dari singkong. Lanting umumnya dihidangkan pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Namun lanting juga biasanya dijadikan oleh-oleh.

2. ClorotKue clorot memiiki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa manis. Clorot banyak disukai sebab rasanya legit dan unik. Clorot teruat dari tepung beras dan gula merah, tak heran makanan ini memiliki cita rasa yang nikmat. Selain itu, makanan ini dibungkus menggunakan daun kelapa dan dibentuk kerucut sehingga menambah keunikannya.

3. GeblekApabila Anda mengunjungi Purworejo, makanan yang satu ini patut untuk masuk list makanan yang harus Anda coba. Geblek terbuat dari tepung singkong yang memiliki bentuk seperti cincin. Tekstur geblek serupa dengan cireng sehingga makanan ini cocok Anda nikmati saat hujan.

4. Kue LompongNama kue yang unik ini yaitu dari nama batang daun talas yang dalam bahasa Jawa disebut lompong, bahan itu dulunya digunakan sebagai pewarna hitam pada kue.

Kue Lompong terbuat dari tepung ketan dan memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal seperti mochi. Kue ini juga terbilang sulit untuk didapatkan sehingga Anda harus mencobanya saat berkunjung ke Purworejo.

5. Kupat Tahu Khas PurworejoSeperti namanya, makanan ini terbuat dari ketupat, bumbu kacang dan tahu. Yang unik dari kupat tahu yang satu ini adalah menggunakan sayuran dan gula jawa cair yang menambah cita rasa unik.

Walaupun sekilas mirip dengan karedok dan ketoprak, makanan yang satu ini menggunakan kuah sehingga disitulah terlihat perbedaannya. Kupat tahu khas Purworejo sangat nikmat apabila dimakan saat cuaca dingin.

Avrilia ShellaSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Kuliner Khas Purworejo, Kupat Tahui sampai Geblek"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *